Wednesday, May 4, 2011

Bolkus Warisan - Natalie Anita

Hi Ibu2 Peri yang baik hati...
 
ABG mau ikutan Bolkus Week....
 
Ini adalah laporan pertama ku dan pertama kali bikin bolu kukus.
 
Ceritanya...waktu ada event Bolkus Week, aku pengen banget ikutan. Lalu aku cerita niat ku bikin bolkus ke Mama. Mama dengan antusias nya mendukung dan langsung cari resep peninggalan Oma ku. Kata Mama, Oma dulu sering bikin bolu kukus.
Setelah resep ketemu, aku ga bisa baca.. >.< soalnya bahasanya masih pake bahasa indonesia kuno dan tulisan nya miring2 khas tulisan jaman dulu. Akhirnya mama salinin lagi resepnya..
 
Besok nya, aku cari loyang bolkus yang kata Mama disimpen di gudang. Setelah cari2, akhirnya ketemu beserta dengan cetakan2 lain peninggalan Oma. Waah..senang sekali nemu alat2 dan cetakan2 yang masih bisa digunakan, walaupun sudah pada hitam..karena sudah lebih dari 30 tahun umurnya. ^.^
 
Akhirnya, langsung deh praktek bikin bolkus..karena lagi bernuansa jadoel, jadinya pengen ngocok telur nya juga pake kocokan tangan aja..hahahaha...yang juga adalah penginggalan Oma.
 
Berikut resep nya:
5 butir telur
500 gr tepung terigu
500 gr gula pasir
250cc air kelapa
 
Cara buat: kocok telur dan gula sampai mengembang dan putih. Lalu masukkan tepung terigu dan air kelapa, aduk rata. Pisahkan adonan ke beberapa tempat dan beri warna yang berbeda. Masukkan adonan ke dalam loyang bolkus yang dilapisi kertas. Masukkan tiap warna 1 sendok makan sampai penuh. Masukkan dalam kukusan yang sudah betul2 panas. Jangan buka kukusan sampai kira2 20 menit.
 
Hasilnya semua bolkusnya mekar. ada yang mekar 3 ada yang mekar 4. Senangnya..rasanya juga gurih.. ^.^ .


 
Makasih Ibu2 Peri atas kesempatan yang diberikan.. ^.^ *hug hug ibu peri*
 
Salam Bolkus,
 
Natalie

No comments:

Post a Comment