Thursday, May 5, 2011

Bolkus Jeruk - shanti rismandini

Peri bolkus dan NCCers, aku laporan lagiiiii……
Kali ini tetep berhubungan dengan arisan keluarga tanggal 10 April kemarin. Karena ada jeruk baby pacitan, maka penasaran untuk bikin sesuatu yang belum pernah aku coba. Yang paling simple adalah bolkus karena bahan-bahan yang ada masih banyak tersisa, dan mumpung belum membereskan peralatan bakingnya. Memperturutkan rasa penasaran, maka aku cari bahan tambahan yang bisa menambah rasa jeruknya. Jatuhlah pilihan pada nutrisari american sweet yang memang agak manis. Berhubung hanya untuk uji coba, maka aku pakai setengah resep saja
Metode pengukusan tetap colong playu, dan tetap pakai ricecooker. Alhamdulillah hasilnya tetap mekrok cuma yang mengganggu adalah rasa jeruk baby pacitannya jadi agak pahit setelah terkena panas. Mungkin lain kali harus pakai sunkist atau jeruk kaleng yang lebih nendang rasanya. Herannya….semua bolkus tetep habis tak bersisa dan gak ada yang berkomentar pahit. Laris maniiiiiis……….
Modifikasi Resep Mba Heryanti SalehBolu Kukus Jeruk
Bahan :
2 butir telur
160 gr gula pasir (aku pake 120 gram saja karena masih ketambahan manisnya nutrisari)
1 sdt munjung emulsifier (aku pake SP)
200 gr terigu kunci biru (bisa juga segitiga biru)
100 ml santan Kara (aku pake kara 85 ml yang diencerkan menjadi 100 ml)
100 ml soda (sprite dll)
1 sachet nutrisari diencerin dengan sedikit sprite

Isian :
2              jeruk baby pacitan diambil pulpy-nya saja

Cara :
Mix telur, gula pasir dan ½ bagian emulsifier dengan kecepatan tinggi sampai putih mengembang.
Masukkan terigu, santan dan sprite bergantian, mix dengan kecepatan rendah sampai habis.
Masukkan sisa emulsifier dan mix adonan dengan kecepatan tinggi selama 5-7 menit.
Siap di beri filling dan dimasukkan ke Loyang bolu kukus…..aku pake loyang kecil dan jadinya sekitar 24-25.

Cara memasukkan jeruk :
- Masukkan adonan putih 3/4 tinggi loyang.
- Ambil beberapa pulpy jeruk  dan kembali diberi adonan hingga penuh




Salam bolkus
shanti - deporadhin


No comments:

Post a Comment