Thursday, May 5, 2011

Bolu kukus 10 menit - Tania Darmawan

Mau coba ikutan week week NCC nich.. Setelah beberapa kali hanya ingin ingin ajah, akhirnya kali ini bisa kesampaian juga ikutan week week NCC.. Buat bolkus sih dulu terakhir pas SMP (pelajaran tata boga). Sekarang akhirnya buat lagi. Kemarin pas di rumah ibuku (masih segan menjajah dapur mertua :p) udah sempet buat yang resep Mbak Heryanti Saleh. Namun entah mengapa, hasilnya kok dia cuma mekrok malu-malu dan terasa agak bantet. 
Nah kebetulan hari ini aku mampir rumah ibuku lagi, langsung dengan semangat angkat mixer lagi dan coba resep Bolu Kukus 10 menit NCC (semalam sampai nonton videonya dulu di youtube). Warnanya aku pakai pasta coklat BF saja. Rasanya sich enak tapi kok ga selembut dan se-fluffy bolkus pasar yah? Ada yang bisa kasih tips? 
Ini penampakan dan resepnya..Kiranya berkenan yah... *semoga dikirimin badge sama ibu peri... :D

Bahan:
450 gr  gula pasir
500 gr  tepung terigu
1 sdt     BPDA
4 btr     telur
300 cc  air putih / susu encer / santan (aku pakai susu)
1 sdm   emulsifer (TBM)
1 sdt     essence pisang
Cara ke-1:
  • Kocok semua bahan 10 menit, tuang di cetakan yang telah dilapisi kertas, lalu kukus selama 10 menit
Cara ke-2 :
  • Campur tepung terigu dan baking powder double acting (BPDA), ayak, sisihkan.
  • Kocok gula, telur dan emulsifier hingga kental, masukkan tepung dan santan bergantian sambil diaduk hingga rata, beri essence, aduk rata.
  • Pisahkan sedikit adonan, beri pewarna. Tuang kedalam cetakan, kukus selama 10 menit.

~Tania~
http://dedapuran.blogspot.com


No comments:

Post a Comment