Thursday, May 5, 2011

Bolkus week ceria - Meidyna Patiwiri

haloo peri - peri cantik..
aku mau ikutan bolkus week yah..

ini adalah acara week yang pertama kali aku ikutin.. maklum ABG..
melihat banyak banget bolu2 ceria yg bergentayangan di milis NCC.

cerita dulu boleh yah.
karena aku kuliah di luar kota dan ngekos, mau gak mau aku cuman bisa ngeces ngeliat begitu banyak bolkus. aku dan kakak termasuk pecinta bolu kukus merekok sejati, dulu aku pernah bikin, dan hasilnya bener2 bantet, se bantet2nya. sempet takut untuk bikin lagi. tapi apa daya, napsu ini ga bisa di tahan, akhirnya di niatin bgt, pokoknya pas pulang ke rumah, aku harus bikin bolu ini. selama perjalanan ke rumah di jakarta dari jatinangor, aku ngyicil beli bahan kuenya, karena ternyata gak lengkap hanya di satu toko. akhirnya aku buat besoknya pagi2 banget. karena masih takut jadi mengikuti resepnya plek. dan BERHASIL.. yeee.. kuenya aku bawa untuk berenang sama sepupu2 dan keponakan, dan kuenya langsung ludes. katanya enak, lembut, manisnya pas. alhamdulillah.
akhirnya setiap aku pulang ke rumah kalo lagi ad libur kuliah, aku pasti bikin kue kukus ini. dan aku udah berani mengubahnya sedikit.





karena huby ku suka dengan blueberry, jadi aku buatin bolu kukus isi blueberry. aku pake resepnya emba Heryanti Saleh, berikut resepnya

Bahan :

2 butir telur
160 gr gula pasir
1 sdt munjung emulsifier (aku pake SP)
200 gr tepung trigu kunci biru
100ml susu UHT
100ml sprite blueberry
1 buah vanili (1 sdt vanili bubuk)
selay blueberry secukupnya

Cara :

  • mix telur, gula pasir, vanili dan 1/2 bagian emulsifier dengan kecepatan tinggi sampai putih mengembang
  • masukkan terigu, santan, dan sprite bergantian, mix dengan kecepatan rendah sampai habis
  • masukkan sisa emulsifier dan mix adonan dengan kecepatan tinggi selama 5-7menit
  • bagi ke dalam beberapa mangkuk sesuai jumlah warna yang diinginkan.
  • tuang adonan putih sampai setengah loyang, masukkan selay di tengahnya, lalu tutup dengan adoanan berwarna.
  • kukus selama 10-15 menit

salam bolu kukus
-mei-

No comments:

Post a Comment