Friday, April 22, 2011

Lemon Flavored Bolkus oleh Lois MMI






Hi NCCers,

Baru kali ini bikin laporan n ikut week2an.
Kemaren2 uda liat2 resep bolkus yang dipake temen2 yang lain, tapi semuanya rata2 pake emulsifier, sedangkan saya berusaha menghindari soalnya kondisi anakku mengharuskan dia sesedikit mungkin terkena bahan additif makanan. Akhirnya nemu resepnya mbak Liza Basuki yang ga pake emulsifier. Sempet takut gagal juga sih, soalnya baca2 pengalaman temen2 yang uda coba berkali2 tapi masih gagal juga. Apalagi ini pertama kalinya saya nyoba bikin bolu kukus.
Ternyata setelah ngikutin petunjuknya mbak Liza di blognya, bolu kukusnya jadi lumayan mekar, walopun ga semua. Dari 24 buah, yang mekarnya bagus ada 7 buah, yang mekarnya kurang bagus (alias kurang merekah) ada 12 buah, dan yang mingkem ada 4 :)
Bolkusnya agak padat, mungkin karena air sodanya diganti juice lemon?

Saya juga mengganti air soda dengan juice jeruk lemon. Tadinya cairannya mau diganti susu tapi di rumah lagi gaada stok. Jadilah Bolu Kukus jadul rasa lemon. Kata temenku masih agak terasa sedikit telurnya, mungkin harusnya ditambah lagi dengan pasta lemon, tapi karena memang sedang meminimalisir bahan aditif jadinya aku cuma pake juice lemon murni.

Resepnya sbb :

Bolu Kukus Jadul Rasa Lemon
by Mbak Liza Basuki
modif by Lois

300g gula kastor
5 telur
300g terigu
125 cc air soda --> saya ganti jadi air perasan lemon (dipakein gula sesuai selera mau agak manis atau masih terasa asem2)
1 sdm coklat bubuk dilarutkan dgn 2-3 sdm air panas --> ga pake
1 sdm rum --> ga pake

tambahan saya :
parutan kulit 2 buah jeruk lemon
1,5 sdt BP (karena ga pake air soda, saya takut tidak mekar, jadi saya pakein BP)
pewarna kuning (optional)

cara :
kocok telur dan gula sampai kental. masukkan setengah air perasa lemon. mixer lagi sampai rata.
masukkan terigu (yg sudah dicampur BP) dan sisa air perasan lemon selang seling sambil terus dimixer.
masukkan parutan kulit lemon dan pewarna. mixer rata.
tuang ke cetakan 7/8 penuh. kukus 15-25 menit di kukusan yg sudah panas.

Saya ga pake pewarna jadi warna bolkusnya cendrung agak putih. Kalo di foto ga terlihat sama sekali warna kuningnya. Kalau misalnya pake pewarna pasti bisa kuning cerah cantik banget :)
Maaf fotonya kurang bagus, soalnya kameranya uda minta diganti, alias uda mulai rusak. hehehe.....

No comments:

Post a Comment