Saturday, April 2, 2011

Bolu Kukus Gula Merah Oleh Hellen

Dear NCC-ers,

Ikutan meramaikan Bolkus Week ya. :-) Pilihan resep jatuh pada resep Vivi Liong yang "Bolu Kukus Gula Merah". Udah lama pengen cobain resep ini, tapi baru kali ini terlaksana gara-gara lihat nangka di tukang rujak.

Pada waktu mempraktekkan resep ini, sempat binun. Kok hasil adonan akhirnya kental sekali dan liat. Wah... sayang juga ya kalo gagal. :( Tapi tetap aja dicoba sampai dikukus. Dan hasilnya tadaaaa.... berhasil juga plus mekar merekah. :-) Senangnya.

Sudah diduga bolkus ini wangi gula jawa ditambah aroma nangka. Wah paduan aroma yang asyik sekali tercium saat membuka tutup kukusan.

Satu hal yang sempat membingungkan kok mirip kue mangkok ya... Secara teksturnya tidak halus & padat seperti bolkus pada umumnya. Teksturnya kasar & moist. Apakah ada NCC-ers yang bisa kasih masukan?

Berikut salinan resep Vivi Liong:
Bahan:
- 2 butir telur
- 100 gr gula pasir
- 1 sdt soda kue
- 1/2 sdt baking powder
- 400 gr gula palem 400 gram, rebus dengan 400 ml air hingga gula larut, angkat dan saring
- 500 gr tepung terigu protein sedang
- 250 ml minyak

Isi:
----
- 5 buah nangka, potong dadu kecil

Cara Membuat:
1. Kocok telur bersama gula pasir, soda kue dan baking powder hingga lembut dan mengembang.
2. Masukkan satu persatu, sirup gula merah, lalu tepung terigu dan minyak goreng, sambil diaduk hingga adonan tercampur rata. Hasil akhir adonan akan sangat kental sekali dan liat. Pengadukan terakhir bisa pakai whisk atau tangan.
3. Tuang sedikit adonan dalam cup kertas yang telah dialasi cetakan bolu kukus, lalu tambahkan nangka dan tuang kembali sisa adonan hingga agak penuh.
4. Kukus dalam kukusan yg telah bergolak airnya, kukus selama 25 – 30 menit hingga kue merekah dan matang, angkat. (selama pengkukusan, jangan dibuka-buka).
5. Sajikan.


Salam Bolkus,
Hellen
-- 
khellen.multiply.com

No comments:

Post a Comment