Sunday, April 3, 2011

Bolkus Gulmer ala Vivi Liong Oleh Rini

Sebenernya saya ngga terlalu suka bolkus gulmer ini....karena rasanya terlalu biasaaaa,hehehehhe...doyannya makan bolkus yang warna warni en harum mewangi ituhhh.....

Tapiiii.....emang biasanya makan en belom pernah buat,trus di milis NCC lagi ada event NCC Bolu Kukus Week, jadi tertantang deh pengen coba buat...

Tentunya pake resep yang gampang dulu menurut warga NCC en anti gagal, pilihan jatuh ke bolkus gulmer ala mba Vivi Liong...

Semuanya udah di niatin, sampe beli ke pasar Jatinegara untuk beli loyang bolu kukus ini...pengenna si beli klakat,tapi pake yang ada dulu deh dirumah,hehehhehe...
Saya ikutin resep plek plekkk....dan ternyatah : merekahnya malu2!!! ngga mekarrrr bangett....di foto ini masih yang lumayan, laennya ga jelas penampakannya,huhauhauhauhaua...trussss bolkusnya mengkerut di dasarnya....hahahhahah,gimana saya bikin bolkus yang warna warni wangi lembut itu yahh???bolu kukus yang paling dasar aje kaya begitu...eits,tapi semangat2...kalo ada waktu, saya pengen buat bolkus lainnya lagi...

Testimonial rasa : rasa gula merahnya nendang, trus wangiii gula merah juga...teksturnya lembut tapi ngga selembut bolu kukus warna warni harum lembut yang biasa di jual...saya bikin 1/2 resep, trus pake loyang bolu kukus mini kali ya??/ (gatau juga deh) dan menghasilkan 25 cups!!!! banyak banget yah...

Untuk mereview kesalahan saya, hummmm nanti aja deh saya baca di milis en di NCC Bolu Kukus Week, hehehe dah ngantuk....saaatnya tidur dengan tenang karena bisa bikin bolu kukus meski ngga berhasil :)

*pengenbikinbolukukusdarialpukatsoalebanyakbangetstokavocadodirumah-kalosempet,hehe* 

Bahan:
  • 2 butir Telur ayam
  • 100 gr Gula pasir (saya skip, takut kemanisan, dan ternyata rasanya setelah saya skip gula pasir ini masih ada rasa manis dikkkkkit kok)
  • 1 sdt Soda kue
  • 1/2 sdt Baking powder
  • 400 gr Gula palem  rebus dengan 400 ml air hingga gula larut, angkat dan saring (saya pake gula merah dari kampung, tau kan, kl dari kampung gulanya warnanya pekat banget)
  • 500 gr Tepung terigu protein sedang
  • 250 ml Minyak sayur/jagung
Isi:  (ga pake)
  • Nangka kupas 5 mata, potong dadu kecil
  • Misis 50 gram

Cara Membuat:
  • Kocok telur bersama gula pasir, soda kue dan baking powder hingga lembut dan mengembang.
  • Masukkan satu persatu, sirup gula merah, lalu tepung terigu dan minyak goreng, sambil diaduk hingga adonan tercampur rata (gunakan mikser kecepatan rendah)
  • Tuang sedikit adonan dalam cup kertas yang telah dialasi cetakan bolu kukus, lalu tambahkan nangka dan tuang kembali sisa adonan hingga agak penuh.
  • Kukus dalam kukusan yg telah bergolak airnya, kukus selama 25 – 30 menit hingga kue merekah dan matang, angkat. (selama pengkukusan, jangan dibuka-buka).
  • Sajikan.

Hasil Jadi 25 Buah

Sekian dan terima kasiiiiih :)

Rini
http://www.meinekuechemrsp.blogspot.com

No comments:

Post a Comment