Tuesday, April 5, 2011

Bolu Kukus Orange with Poppyseed Oleh Hesti HH

Peri peri bolkus...laporan yaaa...

Alhamdulillah aku dah selesai bikin Bolkusnya. Cari-cari waktu yang
tepat dan pagi tadi akhirnya kueksekusi. Aku bikin pake resepnya Mbak
Heryanti Saleh. Makasih ya mbak...

Terinspirasi dari cake sirup ibuku, aku modifikasi dengan mengganti
santan kara dengan sirup rasa jeruk. Karena sirup mengandung banyak
gula, gula pasirnya aku kurangi. Sodanya menggunakan soda rasa orange
(Fanta). Hasilnya syegeeer banget. Ditambah lagi ada sensasi
krenyes-krenyes dari biji poppyseednya...hmmmm

Bahan :
- 2 butir telur
- 130 gr gula pasir
- 1 sdt munjung emulsifier (TBM)
- 200 gr terigu kunci biru (aku pake segitiga biru)
- 100 ml sirup orange (ABC orange)
- 100 ml soda (Fanta)

Cara membuat :
1. Mix telur, gula pasir dan ½ bagian emulsifier dengan kecepatan
tinggi sampai putih mengembang.
2. Masukkan terigu, fanta dan sirup bergantian, mixer dengan kecepatan
rendah. Terakhir masukkan poppyseed. Kocok sampe rata.
3. Masukkan sisa emulsifier dan mixer adonan dengan kecepatan tinggi
selama 5-7 menit.
4. Siap dimasukkan ke dalam loyang bolu kukus yang dialasi  papercup.
Kukus selama kurang lebih 10-15 menit.


Salam bolkus,
Hesti HH
http://hesti-myworkofart.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment