Thursday, May 5, 2011

Bolu Kukus Yakult Blueberry - agustina kusuma astuti panggoa

Dear Peri Bolu Kukus dan temen2 NCCer tercinta....
Setelah beberapa kali gagal total alia gatot bikin bolkus dan ngrecokin Mbak Yanti Saleh dg bbm an (maaf ya Mbak Yanti....)  dan Papa Samuel sampai mblenger makanin Bolu Kukus bantat.....( maaf ya Mas...he he....) kemarin dengan semangat 45 ...aku ulangi lagi bikin bolu kukus ( total sdh 4 x praktek bikin bolkus dalam rangka Bolkus Week...)
dan akhirnya aku berhasil membikin Bolkus yg pantas  dan enak.... benar2 memuaskan baik dari segi rasa dan penampilan...(he he...narsis dikit boleh ya...?)
Bolu kukus ini rasanya seger krn pemakaian Yakult n Blueberry Paleta...jadi bikin kita ketagihan....ingin makan terus...
Aku pakai resep punya Mbak Sinta Antolis ( ijin ya Mbak Shinta.....) BOLU KUKUS BLUEBERRY AND CHEESE    tapi susu cairnya aku ganti yakult  (krn adanya itu dirumah...)
berikut resepnya : 


BOLU KUKUS BLUEBERRY AND CHEESE
Resep dasar : Bolu kukus 10 menit mbak Fat
Modified : Shinta

Bahan :
250 ml susu cair( aku ganti Yakult)
100 gram keju cheddar parut
300 gram tepung terigu (sebelumnya aku tulis 200 gram) kalo aku pakai 250 gr terigu Teko Merah + 50 gr Maizena krn biar lebih lembut n empuk
200 gram gula pasir
2 butir telur
1/2 sdm emulsifier
1/2 sdt baking powder double acting
2 sdm bluberry palleta (selai blueberry yang halus), cairkan dengan 1 sdm air panas


Cara :
Panaskan Yakult  hingga mendidih, masukkan keju parut, aduk hingga larut. Angkat, dinginkan pada suhu ruang.
Kocok telur, gula dan emulsifier hingga putih dan kental, masukan tepung, baking powder dan larutan susu keju, kocok terus sampai total waktu 10 menit.
Ambil 5 sdm adonan, campurkan dengan selai blueberry, aduk rata.
Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus, beri 1-2 sdt adonan blueberry (jangan lebih dari itu, karena adonan blueberry ini lebih "berat", lihat catatan di atas)
Kukus 10 menit dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya.

Hmmm.... bolkus yang lembut-empuk , seger dari Yakult n keju serta  wangi blueberry paleta .... siap membelai lidah



Demikian laporan dari ku...


salam manis
tuti
http://kurniacake.blogspot.com

No comments:

Post a Comment