Thursday, May 5, 2011

Bolkus Pandan Bintik - Prapti Ing Ratri

Ditanggal tanggal terakhir bolkusweek.. akhirnya bisa juga laporan nih..
 
Sebenernya aku belom pernah kena kutukan bolkus (blushing), setiap kali bikin pake resep yang manapun mekar dengan sukses.
Yang pertama kali aku coba yaitu Bulu Kukus Mekar NCC.. mekar dengan cantiknya..
seterusnya yaitu bolkus ngakak & bolkus gulmer cik Vivi Liong.. mekar2 juga..
terus bolkusnya mba Rina Rinso.. juga mekar..
 
Nah.. untuk event bolkus week ini aku coba yang belom pernah aja.. nyari resep yang gak pake sprite, biar lebih praktis..
akhirnya pilihan jatuh ke bolkus 10 menit NCC..
Liat resep terigunya aja 500gr.. pasti jadinya banyak neh.. tapi sengaja bikin 1 resep.. udah niat mau bagi2 tetangga.. hihihi.. pede berhasil..
 
Di instruksinya kan ngocoknya 10 menit ya.. tapi karena sadar akan kelemahan diri belom bisa beli mixer heavy duty, aku bertekad ngocoknya mau 20 menit..
 
Ternyata karena adonan sangat kental, di menit ke 10 mixer philips ku udah mulai panas. Ya udah deh, daripada dia ngambek, di menit ke 15 aku matikan. Tapi hasil adonan udah putih kental. Buat variasi, aku tambahin pasta pandan dan mesis.
 
Kukusnya juga ditambahin waktunya jadi 15 menit.. hasil akhir jadi 54 pcs. (wooww...!) yang dikukus dalam 3 batch. Untung aku punya 2 lusin cetakan bolkus ala pastrad.. hehehe..
 


Ini resepnya aku cantumin lagi ya..
 
Bolu Kukus 10 Menit NCC
Bahan:
450 gr  gula pasir
500 gr  tepung terigu
1 sdt     BPDA
4 btr     telur
300 cc  air putih / susu encer / santan --> pake santan instan yang segitiga 2 buah + air
1 sdm   emulsifer
1 sdt     essence pisang --> diganti pasta pandan plus mesis
Cara :
Kocok semua bahan 10 menit (aku 15), tuang di cetakan yang telah dilapisi kertas, lalu kukus selama 10 menit (aku 15).
Maaf laporannya kepanjangan ya..
Bu peri.. kutunggu badge-mu..


Salam,
Iing

No comments:

Post a Comment