Thursday, May 5, 2011

Bolkus Choco lover - Inge

Dear all,
Kebetulan minggu ini blm ada orderan, tapi tangan gatel banget pengen ngangkat mixer.. Tadinya pengen bikin RVC, tapi karna ngga ada bit ama apple vinegar, jd mikir pengen bikin sesuai bahan yang ada aja.. Wes pilihan jatuh ke bolkus..
Sesuai saran dr mba arfi, katanya resep bolkus prehati maknyuss, jadi aku bikin itu aja deh.. Apalagi karna anakku ngga terlalu suka bolkus, tp kl coklat..ngga bakal ada yg nolak kaaannn?





Terlampir resep bolkus choco lover, yg aku modif sedikit dr resep bolkusnya mba prehati:

2 buah telur
1 sdt emulsifier (aku pake TBM)
250 gr gula kastor
250 gr terigu kunci biru (aku pake cake flour, diambil 3 sdm, diganti dengan bubuk coklat 3 sdm juga, aku pake valrhona)
50 gr maizena
80 gr DCC dilelehkan (resep asli tidak memakai DCC, aku pake coklat filling tulip)
200 cc santan instan (aku pake santan 65ml, 135ml susu ultra coklat)
Pasta coklat secukupnya
Meises secukupnya (resep asli ngga pake meises)

Cara Membuat:

1.       Persiapan awal panaskan klakat yang telah berisi air (kurleb ½ volume klakat).  Cetakan bolkus yg telah dialasi paper cup.
2.       Kocok telur, gula, emulsifier sampai kental.
3.       Masukkan cairan sedikit demi sedikit, tambah terigu dan coklat dan cairan (termasuk DCC leleh) saling bergantian, sambil mixer jalan terus dalam kecepatan tinggi
4.       Setelah semua bahan tercampur, lanjutkan pengocokan sampe sekitar 15 menit dari mulai awal pengocokan sampe selesai. Terakhir masukan meises (cukup diaduk, tidak perlu dikocok)
5.       Tuang di cetakan kurleb sampai 7/8 volume cetakan.
6.       Kukus sekitar 20 menit.

Berikut penampakannya..
Ohya, adonan yg langsung dikukus mekroknya 4, kl adonan yg ngantri mekroknya cuman 3..
1 resep ini aku dapet 15 bolkus ukuran standar..
Thx

Rgrds,
Inge

No comments:

Post a Comment