Thursday, May 5, 2011

Bolkus 200 cantik - Ariany

Dear peri2 bolkus... Semoga laporannya masih diterima...

Sebagai abg yg baru bbrp bulan gabung di ncc.. Rasanya belum jadi anggota beneran kalo belum ikutan week2annya ncc... :)

Karena penasaran dari dulu ga bisa bikin bolkus yg empuk, fluffy dan menul2.. Dan terprovokasi dengan laporan bolkus2 dari senior2 yang heibat2...
Akhirnya saya berniat angkat mixer :)
Percobaan pertama dengan bolkus blueberry, tapi hasilnya padat plus agak bantet.. Bolkusnya senyum sih tapi masih ada yg mingkem... Mau laporan malu ah... Akhirnya kmrn beli sprite, dan hari ini diniatkan utk bikin bolkus yg paling gampang...

Oiya, tantangan juga nih, pas bikin bolkus, baby saya yg umur 9 bln ikutan ngeliatin dan ngerecokin mamanya.. jadi sambil babysitting anak, sambil bikin adonan bolkus, sampe was2 bakalan ngakak dan enak ngga ya bolkusnya :p

Bolkus 200 resep bu Fat..

Bahan :
200 gr   gula pasir
2 btr      telur -- saya pakai 3 btr telur ayam kampung
200 gr   tepung terigu
200 ml  air soda (misal: Sprite)
1 sdt     emulsifier (misal: SP)
1 sdm wijen putih utk taburan (lebih bagus wijen hitam, krn wijen putih tidak tel)
1sdt esence vanilla -saya pakai toffieco
-pewarna hijau dan merah sckpnya

Cara membuatnya:

Taruh semua bahan dalam wadah, kocok dengan hand mixer sekaligus hingga kental.

Ambil sebagian, beri warna sesuai selera.

Tuang kedalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi kertas, adonan putih dan adonan warna.

Kukus dalam dandang yang telah beruap banyak selama 20menit.

 ---

Tips yg saya dapatkan kali ini:
1. Adonan harus benar2 kental berpita
2. Dandang hrs panas, dan karena lubang2 dandang milik saya cukup besar2, saya lapisi dgn alufoil, yg dilubang2i sehingga air tidak mudah memercik dan myebabkan bolkus bantat...

Dan hasilnya... Voilaaa...
Bolkus yang ngakak, empuk, menul2, cantikkkk.... Aduh sampe terharu ..*lebay* apalagi anak saya bilang "mami, bolu kukusnya spt yang beli di toko, enak sekali... "





Terima kasih atas kesempatannya...
Salam bolkus menul2..

-Ariany-

No comments:

Post a Comment