Thursday, May 5, 2011

Bolkus Choco Mocca

Dear All,

Awalnya ragu-ragu banget pengen ikutan bolkus week, disamping udah 3x bikin dan semuanya gagal pula, jadi males bikin lagi.

Ternyata, makin rame teman- teman yang bertanya di milis dan akhirnya termotivasi juga buat ikutan. Ditambah lagi dengan Latbar di rumah Mba Yanti dan punya temen-temen baru yg bisa diajak sharing, tambah semangat ni buat ikutan bolkus week.

Aku bikin pake resepnya Mba Heryanti Saleh, cuman penambahan di pake pasta Mocca dan Chocolate aja, karena di rumah emang gak punya pewarna lain.

Bolu kukusnya jadi 15 loyang, karena kukusannya kecil, aku bagi jadi 4 batch.
Ngukus pertama kali, selama 10 menit, mekar tapi gak beraturan. Batch yang ke 2- 3 selama 7 menit hasilnya juga begitu.
Aku penasaran banget, karena udah ngikutin semua yang dipraktekin pada saat Latbar..

Penasaran banget sama hasil akhir, padahal adonan udah bagus...yang ke - 4 gak boleh gagal lagi. Aku liat catetan lagi dan sekarang ngukusnya cuman 5 menit, air udah tinggal sedikit, panasnya aku kecilin lagi dan hasilnya...Taraaaaa...keluarnya jadi cantiiikkk...




Hehehe... ternyata cara ngukusnya yang mesti dibenerin lagi.

Berikut resepnya:

Bolkus Choco-Mocca

Bahan:
2 butir telur
160 gr gula pasir ( aku pake 150 gr)
1 sdt munjung emulsifier
200 gr tepung terigu kunci biru
100 ml santan kara ( 35 gr bubuk kara+ 65 air)
100 ml soda (sprite)
5 tetes pasta moka
1 sdm pasta coklat

Cara:
- Mix telur, gula pasir dan setengah bagian emulsifier dengan kecepatan tinggi sampai putih mengembang
- Masukkan terigu, santan dan sprite bergantian, mix dengan kecepatan rendah sampai habis
- Masukkan sisa emulsifier dan pasta mocca kemudian mix adonan dengan kecepatan tinggi selama 5-7 menit
- Ambil 1/4 adonan dan diberi pasta coklat.
- Masukkan adoanan ke loyang bolu kukus.

No comments:

Post a Comment