Thursday, May 5, 2011

Bolu Kukus Tape Keju - Dewanti Widyamurti

Dear peri2 bolkus...

Menyusul laporan kemarin, mumpung masih ada waktu dikit lagi.. masih bisa kan ibu peri ?

Setelah berhasil dengan resep dasar tanpa modifikasi sedikitpun, aku mulai mencoba bereksperimen sendiri.
Dengan mengamati resep temen2 yang udah berhasil membuat berbagai macam modifikasi, aku kira2 aja sendiri resepku kali ini.
Kebetulan aku dapat oleh2 tape dari tetangga, setelah aku cicipin, ini tape uenak tenan, manis, tidak berserat, tidak bongkeng singkongnya (apa ya bhs Indonesia yg benar... pokoknya empuk gitu loh)
Waah... bisa dicoba nih buat bolu kukus.
Dengan semangat 45 dan rasa pede (sok bener, baru sekali berhasil udah ngerasa pede..hihi..), aku mulai deh percobaan bolkus tape di laboratoriumku.. hehe
Dan... taraaa.. bolkusku mekrok, tapi agak gak beraturan, ada jg sih yg mekrok 3 seperti pada umumnya. Mungkin karena aku pake baking powder. Pernah dishare di milis, emang gitu sih kalo pake BP mekroknya jd gak beraturan. Jadi aku agak lega.. takutnya ini dianggap gagal. Mudah2an diterima ya ibu2 peri bolkus...

Dan ini resepnya :

BOLU KUKUS TAPE KEJU
( ala Utiek )

Bahan :
  2 telur
  200 gula pasir
  1 st emulsifier
  200 gr tepung terigu protein sedang
  1/2 st BPDA
  200 ml susu cair
  100 gr tape
  60 gr keju cheddar parut

Cara :
  1. Hancurkan tape dan saring bersama sebagian susu cair. Sisihkan
  2. Ayak tepung terigu dan BPDA. Sisihkan
  3. Kocok telur, gula pasir dan sebagian emulsifier hingga putih dan kental.
  4. Masukkan tape yang sudah disaring bersama sebagian susu, lalu sepertiga tepung, lalu sisa susu cair, lalu sepertiga 
      tepung yg kedua, lalu keju parut, terakhir masukkan sepertiga tepung yg terakhir, sambil terus dikocok.
  5. Masukkan sisa emulsifier. Kocok lagi hingga kental sekali sekitar 5 menit.
  6. Ambil sebagian adonan, masing2 diberi warna merah dan hijau. Aduk rata.
  7. Masukkan adonan putih kedalam cetakan yg sudah dialasi kertas roti, 3/4 tinggi cetakan.
  8. Masukkan 1 st adonan warna merah dan hijau berselang seling hingga cetakan penuh.
  9. Kukus selama 10 menit.


Demikian laporanku di menit2 terakhir bolkus week..
Mudah2an masih diterima ibu2 peri..

Salam bolkus,
Utiek

No comments:

Post a Comment