Thursday, May 5, 2011

Bolkus 3 Rasa - Tri Palupi

Dear Ibu Peri yang selalu baik hati....

hehehe ini laporan ke-4 .....kali ini modifikasi lagi dari Bolkusnya Mbak Widya Hidayat (maaf yah mbak sekali lagi saya memodifikasi resep mbak Wid.....)

......sebetulnya malam ini sudah mapan tidur, tapi kebayang makan bolkus dengan 3 rasa dan warna, yaitu coffe mocha, pandan dan lemon ..... apa rasanya yah???

Akhirnya daripada ketap ketip nggak bisa merem juga, jam 11 malam bangun dan mulai nimbang bahan hehhehe...........jadilah Bolkus 3 Rasa yang cantik dan yummy.......satu lagi wangiiiii sekali paduan wangi pandan, coffe mocha dan lemonn........jiaaaah nano nano sekali pokoknya.......dan enak dipandang mata......

Resepnya tidak berubah banyak, yaitu:

Bahan:

Terigu                 250 gram (sama)
Gula merah         250 gram (saya ganti gulan halus 180 gram)
Air                      125 cc    (saya ganti susu 125 cc)
Telur                    1 butir    (sama)
BPDA                  1/2 sdt   (sama)
Vanili                                (tidak pakai)

Pasta  pandan
Pasta Coffe Mocha
Pasta Lemon

Cara membuat:

1. Kukusan dipanaskan
2. Telur + BPDA dikocok , kali ini saya menggunakan mixer kecepatan tinggi tapi hanya satu  mix
3. Bila sudah kental masukkan terigu bergantian dengan air yg telah dicampur gula halus, aduk sampai terigu habis
4. Bagi adinan menjadi 3, masing2 diberi pasta pandan, coffee mocha dan lemon (saya tambahkan sedikit food colour untuk adonan lemon)
5. Masukkan adonan sesendok teh untuk masing2 adonan dengan cara adonan yg satu ditaruh diatas adonan lain dengan sendok teh sampai adonan sama dengan permukaan cetakan (saya agak lebihkan dari permukaan adonan agar bolkus mekar tinggi, dan hasil;nya bolkus mekar lebih tinggi)
6. Kukus selama 15 menit.
7. Angkat dari kukusan bila sudah matang dan keluarkan dari cetakan.
8. Siap dihidangkan.

Saya menggunakan dandang biasa dan tutup dandang dibungkus serbet, tetapi karena adonan saya lebihkan dari cetakan hampir saja kue menempel pada serbet......oleh karena itu jika akanmembuat yang lebih besar harus menggunakan klakat.






Terima kasih Ibu peri dengan adanya Bolkus Week maka saya terbebas dari kutukan bolu kukus dan siap-siap bakulan .....

Salam bolu kukus.....

Pipi


No comments:

Post a Comment