Thursday, May 5, 2011

Bolu Kukus Cantik - Evy Rokhayati

Selamat pagi semua,

Sebenarnya bolu kukus ini sudah aku buat agak lama. Semakin lama tidak
dilaporkan, semakin minder dengan laporan yang sudah bermunculan,
dengan karya yang semakin kreatif, sementara hasil percobaanku ini
masih cupu banget. Walaupun musti bersyukur karena aku tidak terkena
kutukan bolkus. Percobaan pertama langsung berhasil.

Tapi sayang juga kalau tidak dilaporkan, karena demi bisa memajang
logo Bolkus Week, aku sudah membuat blog baru. Ya sudahlah laporkan
saja.

Resep yang dipakai adalah Bolu Kukus Cantik by Heryanti Saleh, dengan
sedikit modifikasi, menyesuaikan dengan yang ada di rumah.

Bahan :

2 butir telur

160 gr gula pasir

1 sdt munjung emulsifier (aku pakai SP)

200 gr terigu kunci biru (kulebihkan sedikit jadi 220 gram,
menghabiskan stok yang ada daripada tepungnya nyisa)

100 ml santan Kara (aku ganti dengan 100 ml air dicampur dengan 4 sdm
susu bubuk)

100 ml soda (sprite)

Cara :

  1. Mix telur, gula pasir dan ½ bagian emulsifier dengan kecepatan
tinggi sampai putih mengembang.
  2. Masukkan terigu, santan dan sprite bergantian, mix dengan
kecepatan rendah sampai habis.
  3. Masukkan sisa emulsifier dan mix adonan dengan kecepatan tinggi
selama 5-7 menit.
  4. Siap di beri warna dan dimasukkan ke Loyang bolu kukus.

Untuk 10-13 loyang bolu kukus dengan diameter 4cm.

Tapi pada eksperimenku jadinya 17 loyang bolu kukus. Entah karena
terlalu banyak menggunakan SP (karena resepnya bilang munjung, takut
kurang jadinya aku takar semunjung-munjungnya), atau terlalu sedikit
menuangnya, atau loyangnya memang beda. Tidak tahulah. Yang jelas
hasilnya enak dan lembut.





Salam,
Evy
http://eksperimen-dapur.blogspot.com/


No comments:

Post a Comment