Sunday, March 20, 2011

Bolu Kukus at glance

siapa sih yang gak kenal kue bolu kukus... dibanding dengan sacher torte orang tentu lebih familier dengan kue yang satu ini.
dari anak-anak hingga orang dewasa pasti tahu bentuk dan rasa bolu kukus, lembut dan manis. Apalagi jika sudah diperkaya dengan warna, rasa dan tambahan lain sehingga lebih istimewa.
bahan-bahan pembuatnya pun mudah didapatkan, pada umumnya bahan dasarnya adalah terigu, telur, gula, beserta beberapa bahan tambahan seperti cairan (susu/santan/air soda), emulsifier, pengembang kue, pewarna makanan, pasta makanan.
 
Kunci keberhasilan dalam pembuatan bolu kukus adalah dalam cara mengocok adonan dan mengukus adonan. Hasil akhir adonan haruslah putih, kental, berpita, ringan dan mengkilap. Uap panas atau steam dibutuhkan secukupnya untuk memanaskan adonan ini. Steam dari arah bawah akan memanaskan adonan dimana soda akan bereaksi membantu adonan mengembang naik dan merekah. Kriteria bolu kukus yang baik adalah teksturnya lembut dan mengembang di bagian atasnya (mekar) terbelah menjadi 4 yang menjadi ciri khas kue bolu kukus ini


No comments:

Post a Comment