Sunday, March 20, 2011

Bolkus 10 menit oleh Yulia Cahyaningrum


Tadi siang buka email, ternyata ada Bolkus Week. Cek bahan didapur, ternyata hanya ada 2 butir telur. Cek bahan lainnya ada, akhirnya bikin bolkus.
Seperti biasa, resep yang aku pakai adalah resep NCC. Karena keterbatasan bahan, jadinya bikin 1/2 resep saja.

Bolu Kukus 10 Menit
By: Bu Fatmah
Bahan:
450 gr  gula pasir
500 gr  tepung terigu
1 sdt     BPDA
4 btr     telur
300 cc  air putih / susu encer / santan
1 sdm   emulsifer
1 sdt     essence pisang
pewarna pink, kuning dan coklat

Cara membuat:
Kocok semua bahan 10 menit
Ambil beberapa sendok makan adonan, pisahkan ditempat berbeda , beri beberapa tetes pewarna, aduk rata.
Tuang adonan putih ke cetakan yang dialasi kertas. Semprotkan/sendokkan adonan bewarna diatasnya, selang-seling sampai hampir penuh.
Kukus selama 10 menit dengan api besar

Note:
1. Karena tidak punya BPDA, aku memakai BP biasa dengan takaran double
2. Aku memakai susu cair uht
3. Saat adonan dimasukkan ke kukusan, pastikan air sudah mendidih.
4. Aku pakai kukusan biasa dengan tutup dibungkus serbet.
5. Aku skip essence pisangnya.

Semoga bermanfaat

--
-yulia_c-
http://cakeQ.blogspot.com
0811373371

No comments:

Post a Comment